Rabu, 28 Oktober 2009

segmentasi pasar kaget

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli melakukan aktivitas berupa transaksi jual beli. Mengapa Pasar sangat dibutuhkan oleh manusia? karena sifatnya menyediakan barang-barang kebutuhan pokok hidup itu menjadi tempat manusia berdatangan mencari barang-barang konsumtif ini.

Saya sebagai penulis telah melakukan sebuah observasi terhadap sebuah pasar berlokasi dekat dengan kediaman saya tinggal. Pasar tersebut merupakan pasar harian selalu beraktivitas setiap hari dari pagi hari hingga malam hari bernama Pasar Kaget. Menurut saya, Pasar ini merupakan pasar Tradisional.

Namanya unik dan menarik membuat saya tertarik untuk mengamati pasar Kaget tersebut. Pada pasar itu menyediakan kebutuhan pokok seperti sayur - sayuran, buah - buahan, daging - daging, rempah - rempah dll, sama seperti fungsi pasar lainnya. Pasar tersebut melakukan aktivitas jual beli dengan sistem tawar menawar antara penjual dan pembeli, cukup strategis sebab berlokasi disamping stasiun kereta api dan dekat dengan terminal, pasar selalu ramai dengan konsumen setiap harinya itu tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Ketika saya perhatikan dengan seksama. Pasar tersebut mempunyai susunan baik dari segmentasi demografis dan behavioristic (manfaat) berupa kebutuhan premier dan sekunder yang dibutuhkan konsumen. Bisa terbilang wirausaha membuka fasilitas parkir disini pasti bisa mendapatkan keuntungan besar dari hasil parkir konsumen. Mungkin kurang terfasilitasi pada pasar ini adalah segmentasi geografisnya yaitu berupa jalannya banyak berlubang sehingga ketika hujan datang tempatnya menjadi berair. Tetapi setidaknya ketika saya bertanya pada konsumen untuk menguji segmentasi psikografis pasar ini menyatakan mereka cukup puas berbelanja disana.

Alasannya tempatnya mungkin relative bersih dengan strategis transportasi daerah dari mengantar kerabat pergi bertugas menjadi efisiensi konsumen untuk berbelanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar